TUGAS KOMPUTER

 
WAKTU ADALAH UANG
Cuaca Gorontalo Hari ini
The WeatherPixie
Tinggalkan Pesan
Mencari File Yang Hilang di Dalam Flash Disk Karena Virus
Jumat, 17 April 2009

Salam Kangen Buat Para Pemba

1. Matikan autoplay

Virus biasanya selalu mengintip fitur autoplay flash disk sebagai salah satu cara terampuh untuk dapat menginfeksi komputer kita dengan virus. Apa itu autoplay? Secara singkat, autoplay didefinisikan sebagai sesuatu yang akan dilakukan oleh komputer ketika kita menancapkan flash disk kita ke dalamnya (Contoh tampilan yang muncul otomatis setelah menancapakan flash dish pada Port USB). Bagaimana komputer bisa tahu apa yang harus dilakukannya? Semua itu ada di dalam file “autorun.inf” yang biasanya di-hidden dan ada di dalam flash disk. Jika sebuah flash disk sudah terinfeksi virus, biasanya file ini sudah dimodifikasi untuk menjalankan file virus yang ada di dalam flash disk tersebut ketika flash disk itu ditancapkan. Sekarang bagaimana caranya mematikan autoplay Pada PO?..Caranya Mudah...!

Pertama, install program TweakUI for Windows XP. Silahkan Download Softwarenya di sini.

Kedua, buka program TweakUI tersebut. Pilih menu “My Computer” > “Autoplay” > “Drives”, lalu hilangkan centang dari semua drives yang ada.

Jika sudah, tekan OK. Anda telah berhasil mematikan fitur autoplay pada komputer Anda.

2. Mencari File Yang Hilang di Dalam Flash Disk Karena Virus

Kadang virus membuat file yang ada di dalam flash disk kita seolah-olah hilang, dan digantikan dengan file virus dengan nama yang sama dengan file kita. Contoh: kita memiliki folder dengan nama “Folderku”, dan virus akan “menghilangkan” folder tersebut, dan menggantinya dengan file application “Folderku.exe” yang merupakan virus. Namun, beberapa virus sebenarnya tidak benar-benar menghapus file kita, tetapi hanya menyembunyikannya saja. Hal ini biasanya terlihat dari kapasitas flash disk kita yang tidak berkurang. Tetapi bagaimana mengakses file Anda kembali? Anda dapat mencoba mengaksesnya secara langsung dari address bar yang ada di My Computer. Contoh: “F:\Folderku\”, dan mungkin saja Anda akan masuk ke dalam folder tersebut.

Lalu bagaimana membuat file tersebut kembali terlihat? Pertama, klik “Start”, lalu pilih “Run”. Ketikkan “cmd”, lalu tekan enter. Anda akan masuk ke dalam command prompt. Setelah itu ketikkan “attrib -S -H +A [namaDriveFlashDiskAnda]:\* /S /D”. Contoh: jika drive F adalah drive flash disk Anda, maka yang perlu Anda ketikkan adalah “attrib -S -H +A F:\* /S /D”. Setelah itu, cek kembali flash disk Anda (ingat kembali poin nomor 2, jangan gegabah dalam membuka drive flash disk!) dan jika beruntung, Anda akan dapat menemukan file Anda kembali.

(ingat semua langkah ini berjalan normal pada windows yang belum terinfeksi oleh virus. karena biasanya windows yang terinfeksi virus CMD-nya tidak jalan. dan pada saat instalasi software tidak terigestrasi pada regedit, ini semua diblokir oleh virus. bila ini terjadi silahkan keluarkan hardisk anda dan gandeng pada komputer lain yang terinstal antivirus dan terupdate baru. pastikan hardisnya disken sampai virusnya bersih.)

Selamat Mencoba
posted by Kumpulan Totorial Internet @ 21.05  
2 Comments:

Poskan Komentar

<< Home
 
About Me

Name: Kumpulan Totorial Internet
Home: Gorontalo, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Downlaod Kuliah Gratis
Powered by

BLOGGER

© TUGAS KOMPUTER Blogspot Template by Isnaini Dot Com